Sunday, July 14, 2013

Permasalahan seputar Air Conditioning (AC) mobil Suzuki SX4 X-Over

kali ini saya akan membahas masalah AC mobil pada suzuki SX4 X-Over, berawal dari hembusan angin AC didalam cabin kurang dingin pada siang hari membuat gerah saat berkendara,ini sangat mengganggu apalagi jalan macet. malam hari AC ini baru sedikit terasa dingin, oleh karena itu beberapa analisa kerusakan yang timbul dalam pikiran saya,mulai dari pengaruh freon yang sudah berkurang dan evaporator yang kotor.

awalnya saya sendiri ingin mencoba untuk mengecek kerusakan namun berhubung alat yang digunakan mahal dan agak susah untuk membuka dashboard mobil ini, jadi harus dibawa ke spesialis AC. walau begitu untuk menentukan tempat yang dapat memperbaiki AC mobil inipun tidak begitu mudah karena banyak pertimbangan yang harus dilakukan termasuk kepercayaan kepada penyedia jasa tersebut.

cerita pencarian Spesialis AC membuat pelajaran baru kepada saya untuk lebih bijak memilih karena salah sedikit biaya perbaikan akan lebih besar dan juga jaminan mutu kerja yang rendah. berada tidak jauh dari tempat kerja saya mencoba masuk ke bengkel terbesar di daerah mandai, makassar. begitu masuk kedalam bengkel saya langsung ke tempat pelayanan keluhan kendaraan saya kemudian seorang kepala mekanik mencoba melihat dan memprediksi kerusakan AC mobil saya. mekanik itu pun meyakinkan dan merangkum kerusakan AC tersebut dengan rincian serta harga. kepala mekanik itu mengatakan kompressor AC sudah rusak, dryer harus diganti, accumulator sudah lemah, evaporator kotor dan lain-lain dengan total biaya kurang lebih 6 juta rupiah. wooww jumlah yang sangat besar menurut saya untuk memperbaiki AC mobil tersebut. kelaut aja jadi tude kalo bengkel seperti ini asal tebak-tebak berhadiah.

sayapun berusaha mencari spesialis AC mobil dikawasan jl. sungai saddang, dan mendapati sebuah bengkel yang mempunyai alat pendeteksi kerusakan dengan teknologi canggih. saat masuk saya dilayani dengan baik dan langsung mengecek kerja AC mobil dan isi freon dengan sebuah alat.kesimpulannya terdapat freon yang berbeda di dalam sistem AC mobil tersebut. seharusnya jenis freon yang digunakan R134 sedangkan isi freon ACmobil ini bercampur dengan jenis freon R12. untuk mobil keluaran baru menggunakan jenis freon R134 sedang untuk mobil tua 90an kebawah menggunakan jenis freon R12, dan untuk rumah biasanya memakai R22, perbedaan jenis ini mempengaruhi sistem kompressi AC.

tawar hargapun terjadi untuk penggantian freon baru, vakum, ganti oli kompressor dan bersihkan evaporatornya hanya merogoh kocek sebesar 500 ribu rupiah,menurut saya lumayan murah karena termasukongkos bongkar dashboard. akhirnya AC mobil saya pun dikerjakan dan seperti ini penampakannya.

perlu diketahui jangan pernah asal mengisi freon sebab apabila terjadi kebocoran kemudian ingin mengisi kembali perlu dilakukan vakum terhadap sisa udara yang ada dalam saluran AC mobil sehingga yang terisi adalah freon saja. dan juga ingat oli kompressor perlu diganti karena akan berkurang ketika terjadi kebocoran.

ingat juga didalam sistem AC ada blower (kipas) yang mana berfungsi untuk menghembuskan angin ke evaporator sehingga udara yang keluar didalam kabin dingin. biasanya kita mengatur kecepatan hembusan angin dari 1,2,3,4 bila angin yang keluar terasa kurang kencang.



sebelum membuka evaporator dalam kabin maka kita harus melepas pipa yang terhubung ke evaporator terlebih dahulu yang letaknya didalam ruang mesinlihat gambar diatas


untuk selang warna biru itu untuk mengukur freon tekanan rendah sedangkan merah untuk tekanan tinggi.





evaporator yang kotor. evaporator ini berfungsi sebagai penyedia hawa dingin dimana freon yang telah diproses mengalir melalui pipa-pipa yang ada pada evaporator kemudian blower menghembuskan udara keluar menuju kabin melalui evaporator. jadi hawa dingin bukan berasal dari blower.


akhirnya suhu cabin kembali segar. akhir kata bagi teman-teman yang ingin memperbaiki AC mobil perlu lebih cermat. sebelumnya pelajari dulu sistem AC itu sendiri supaya kalo sudah ke ahlinya kita tidak lagi bisa dibodohi oleh mereka. banyak referensinya di paman google,mudah kan
semoga bermanfaat

No comments: